Rabu, 14 November 2012

Tugas Individu

Teori Gagne, Piaget, & Bandura

"Mengapa mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana melakukan observasi di lapangan?"

Teori Gagne :
Ada lima variasi belajar menurut Gagne, yaitu :
1.      Informasi Verbal : Mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar telah mengetahui informasi bahwa akan diadakannya observasi lapangan ke suatu sekolah
2.      Ketrampilan Intelektual : Dalam hal ini seharusnya mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar memberikan tanggapan mengenai observasi lapangan tersebut tetapi karena masih dalam minggu-minggu ujian tengah semester jadi tidak banyak yang memberikan tanggapan dan ide-ide atau pendapat mereka
3.      Strategi Kognitif : Memproses kognitif atau pikiran-pikiran dan ide mereka yang berkaitan dengan tugas observasi lapangan yang akan diadakan di suatu sekolah
4.      Ketrampilan Motorik : Memberikan ide atau tanggapan yang berkaitan dengan bagaimana caranya mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah belajar bisa sampai ke tempat tujuan observasi lapangan dilakukan
5.      Sikap : Memberikan sikap positif kepada salah satu tanggapan teman yang mengatakan kita dapat pergi lebih awal yaitu pukul 10 sehingga pada pukul 1siang kita dapat kembali ke kampus dan melanjutkan aktivitas kuliah lagi

Teori Piaget :
Piaget mengatakan proses interaksi dengan lingkungan menghasilkan skema. Skema merupakan pengetahuan kita tentang suatu hal atau peristiwa. Dalam hal ini, mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar telah mengetahui bahwa akan dilakukannya observasi lapangan ke suatu sekolah tetapi berhubung dalam masa ujian tengah semester jadi tidak banyak yang membuka facebook ataupun grup online. Dalam skema terdapat asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah proses penambahan informasi kedalam skema yang sudah ada. Disini, mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar sebagian telah mengetahui komentar atau tanggapan seorang teman yang mengatakan masalah transportasi atau jam keberangkatan ke tempat tujuan observasi lapangan dilakukan, jadi ada proses penambahan informasi baru kedalam skema yang sudah ada tadi. Selanjutnya, akomodasi. Akomodasi adalah penyesuaian yang melibatkan pengubahan skema akibat adanya informasi baru yang tidak sesuai dengan skema yang sudah ada. Dalam hal ini, mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar menyesuaikan informasi yang baru mereka dapat kedalam skema mereka masing-masing mengenai observasi lapangan tersebut.

Teori Bandura :
Ada3 asumsi dasar yaitu :
1.      Proses belajar membutuhkan pemprosesan kognitif dan keterampilan pengambilan keputusan dari si pemelajar.
Disini mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar belum sepenuhnya mengetahui atau memproses informasi mengenai observasi lapangan tersebut jadi mereka belum bisa mengambil keputusan karena informasinya belum jelas.
2.      Belajar adalah tiga cara relasi yang saling terkait yang terdiri dari lingkungan, faktor personal dan perilaku.
Disini, mahasiswa psikolgi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar tidak banyak yang memberikan komentar atau ide mereka yang terkait dengan tugas observasi lapangan karena informasi yang didapat belum terlalu jelas dan tidak ada perilaku modeling disini karena hanya sedikit yang memberi tanggapan mengenai observasi lapangan tersebut.
3.      Belajar membuahkan akuisisi kode verbal dan visual dari perilaku yang mungkin akan dilakukan atau tidak dilakukan dimasa depan.
Seharusnya disini mahasiswa psikologi usu yang mengambil mata kuliah psikologi belajar memberikan kode verbal dan visual perilaku yaitu berupa tanggapan atau komentar mengenai observasi lapangan yang akan dilakukan di suatu sekolah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar