Jumat, 07 Desember 2012

Laporan Observasi "SMK Tritech Informatika"

1.      Nama & NIM Observer
Beby Haryanti & 081301104

2.      Kelas yang diobservasi
Kelas X-RPL Executive

3.      Mata Pelajaran & Nama Guru yg mengajar
Kewirausahaan & diampu oleh Bapak Supriyanto

4.      Waktu Observasi & Durasi
Pukul 11.50 & 30 menit (11.50-12.20)

5.      Jumlah Siswa dalam Kelas
Siswa berjumlah 28 orang

6.      Media pembelajaran yg digunakan guru
Laptop, LCD, whiteboard

7.      Media pembelajaran yg digunakan siswa
Laptop, powerpoint

8.      Situasi fisik kelas
Kelasnya berukuran cukup kecil, udara disekitar kelas cukup dingin karena menggunakan AC, penerangannya cukup baik tetapi kondisi kelas yang terbuka dan tidak kondusif membuat banyak suara-suara yang dapat mengganggu proses belajar

9.      Alat Observasi
Notes, buku psikologi belajar, pena

Sebagai panduan untuk melakukan observasi saya menggunakan Tabel 5.6 dan sebagai kerangka acuan berproses hingga menghasilkan analisis dan laporan saya menggunakan Tabel 5.7

Tabel 5.7
Deskripsi
Tahapan Belajar
Kegiatan Pembelajaran
Persiapan Belajar
         1. Mengarahkan perhatian
Siswa duduk dengan rapid an siap mendengarkan guru menyampaikan materi

         2. Ekspetasi
Guru memberitahukan tujuan-tujuan dari materi yang disampaikan

         3. Retrieval
Guru mencoba untuk mengingat materi-materi sebelumnya dengan bertanya kepada siswa
Akuisi & Kinerja
      4.  Persepsi selektif atas ciri stimulus
Guru memberikan pertanyaan yang disertai dengan contoh kasus

         5. Penyandian semantik
Guru menjelaskan contoh kasus tersebut dan dihubungkan dengan materi yang disampaikan

         6. Retrieval dan respon
Siswa merespon dengan menjawab pertanyaan yang diberikan guru

        7.  Penguatan
Guru memberikan penguatan dengan nilai yang bagus apabila siswa merespon dan aktif dalam kelas
Transfer Belajar
        8. Pemberian petunjuk retrieval
Guru menilai jawaban siswa dengan mengatakan “Ya benar..”

         9.  Generalisasi
Siswa bertanya tetapi mengenai contoh kasus yaitu bagaimana dan usaha apa saja yang dilakukan wirausaha untuk memperoleh keuntungan

“Rata-rata disetiap kelas, siswa sudah menggunakan pembelajaran e-learning dengan menggunakan laptop, powerpoint, dan LCD. Tetapi kondisi fisik sekolah dan kelas yang kurang baik karena terbuat dari pintu kaca jadi dapat membuat kebisingan dari luar dan mengganggu proses belajar, tata letak bangku tiap kelas pun bermacam-macam sehingga kelihatan seperti kelas bimbel. Namun, pada kelas yang saya observasi yaitu di kelas X-RPL Executive, siswanya terlihat aktif belajar dan tidak bermain-main. Banyak siswa yang menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru dan ikut aktif terlibat mendengarkan materi yang disampaikan. Hal ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan bagi saya untuk melihat dan mengetahui proses serta kondisi belajar pendidikan kita khususnya di sekolah SMK Tritech Informatika ini. Kekurangan observasi karena adanya kebisingan suara dan hal-hal eksternal (dari luar kelas) yang cukup mengganggu, kelebihannya pada kelas yang saya observasi siswanya terlihat aktif belajar dan mendengarkan materi yang disampaikan guru jadi tidak ada yang terlihat bermain game di laptop ataupun tidur, dll. Saran saya semoga pihak sekolah serta guru-guru dan juga siswa saling bekerjasama untuk lebih meningkatkan kesiapan kondisi internal maupun eksternal guna mencapai proses pembelajaran yang lebih baik lagi..” :)
                                                                                                           

1 komentar: