Dinamika Pembelajaran Mata Kuliah Psi. Belajar
Sewaktu kenaikan semester tiba, cukup membuat saya bingung untuk mengambil mata kuliah apa disamping skripsi. Akhirnya, saya mengambil 5 mata kuliah dan skripsi, ternyata mata kuliah pilihan saya masih kurang 1 lagi. Dan jadilah saya mengambil mata kuliah Psikologi Belajar. Pertama kali mengikuti mata kuliah Psikologi Belajar, Bu Dina langsung menyampaikan kontrak dan kesepakatan pembelajaran di awal. Saat memasuki kelas dan ternyata cukup banyak juga yang mengambil mata kuliah ini, dan saya mengira angkatan 2008 hanya saya saja, ternyata tidak, ada teman saya 1 lagi, Suci. Hehehe..
Tak lama kemudian, Bu Dina menyampaikan kontrak
kuliah yang berbentuk mindmap. “Wah, keren juga tampilan kontraknya berbentuk
mindmap..hehehe” (soalnya baru ini dosen menyampaikan kontrak dengan cara
unik). Lalu, Bu Dina menerangkan materi-materi dan tujuan pencapaian mengikuti
mata kuliah psikologi belajar ini. Dan Ibu mengatakan, kalau semua tugas
nantinya akan berkaitan dengan blog dan posting. Hmmm, blog?! Masih asing terdengar
bagi saya.. Saya pun langsung berpikir untuk meminta bantuan teman agar
dibuatkan blog, maklum saya belum memiliki blog saat itu sedangkan teman angkatan
lainnya sudah memiliki blog hehe..
Lalu Bu Dina mengatakan agar kami membuat kelompok
yang terdiri dari 3 orang, jadilah saya sekelompok dengan Serefy dan Juli
angkatan 2009, setelah itu Bu Dina membacakan tugas demi tugas yang disepakati
bersama yang akan dijalani selama perkuliahan dan tentu saja nantinya hasil
tugas tersebut akan diposting di dalam blog.
Singkat kata, jadilah blog yang saya buat dengan
bantuan teman saya. Memasuki minggu kedua, ada tugas kelompok yang berkaitan
dengan Materi A, minggu ketiga berkaitan dengan Materi B, dst. Tugasnya pun ada
yang diposting secara kelompok ada juga yang secara individual. Dalam mata
kuliah Psikologi Belajar ini saya merasa bahwa materi-materi yang ada sudah
cukup familiar karena telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Jadi,
bagi saya sendiri, pemahaman akan materi-materi maupun tokoh-tokoh psikologi
sudah tidak terdengar asing lagi. Bnyak hal dan pengalaman selama mengikuti
kuliah Psikologi Belajar ini. Bu Dina selalu mengajarkan dan menyampaikan
materi dengan mudah dipahami, yang tentu saja berfokus pada student centered
agar mahasiswanya terlibat aktif dalam proses belajar.
Pernah pada suatu minggu (minggu ke-4 atau ke-5 ya
hehehe saya lupa :D), saat Bu Dina memasuki kelas dan langsung mengatakan
“tutup semua buku kalian dan simpan, duduknya kelang-kelang satu”. Seisi kelas
pun langsung panik karena takut akan adanya kuis secara tiba-tiba. Saya pun
juga ikut panik dan bertanya pada teman disebelah “hah..kenapa?ada kuis ya?duh
belom belajar,gak ada baca buku..” teman-teman yang lain pun langsung berpindah
tempat duduk dan kelang satu. Lalu, Bu Dina mengatakan “tenang aja..gak kuis
kok”. Kami pun semua menjawab “oohhhh..”. hati pun lega hehehe.. selanjutnya Bu
Dina membagikan kertas HVS, karton kecil dan 1 sertifikat yang sudah tidak
terpakai lagi. Ternyata kami disuruh membuat kreasi sesuka hati dengan ketiga
stimulus yang diberikan tadi, dan diberikan waktu 30 menit. Waduhh, saya pun
langsung blank.. apa yang harus saya buat dengan ketiga benda ini”. Akhirnya
saya membuat kapal, kipas, dan karton kecilnya saya buat menjadi penyangga
kipasnya. Dan di akhir, Bu Dina memberikan reward kepada teman-teman yang
membuat karya sekreatif mungkin. Saya salut melihat mereka bisa membuat karya
yang sangat kreatif, lalu saya berkata dalam hati “oohh iya yaa..kenapa gak ku
buat seperti benda yang mereka buat itu yaa..hahhaha.” Dari hal ini, banyak
pengalaman yang bisa kita dapatkan. Ya..itulah proses pembelajaran... tidak
semua orang bisa menciptakan karya yang indah tetapi semua orang bisa berkreasi
dan berproses serta berusaha untuk menjadikan bagaimana agar semuanya indah.
Yang terpenting adalah usaha dan kerja keras kita, semua bisa kita raih asalkan
kita tetap mau mencoba... :)
Pada saat tugas mengobservasi ke sekolah, dari sini
kita juga banyak mendapatkan pengalaman yang berharga. Kita menjadi lebih tau
bagaimana seharusnya peran pengajar dan siswa di dalam kelas. Teman-teman
kelompok lain mengatakan, kalau di kelas yang mereka observasi siswanya sangat
tidak menunjukkan sebagaimana peran seharusnya sebagai siswa yaitu belajar.
Kebanyakan siswa banyak mengobrol dengan siswa lainnya bahkan ada yang main
game sewaktu belajar, dan lebih parahnya lagi ada siswa yang tertidur di kelas
sewaktu guru menerangkan pelajaran, tetapi sang guru malah membiarkan siswanya
tertidur dan tidak menegur. Berbeda dengan hal ini, di kelas yang saya
observasi, siswa dan gurunya saling menunjukkan peran sebagaimana mereka di
dalam kelas, yaitu belajar. Guru menerangkan materi secara rinci dan memberikan
pertanyaan kepada siswa setelah ia menerangkan, siswa pun aktif berdiskusi dan menjawab
pertanyaan sang guru. Tak ada satupun siswa yang terlihat bermain game,
mengobrol atau tertidur di dalam kelas. Inilah realitas sekilas kehidupan di
dunia pendidikan kita, masih banyak yang harus kita benahi agar kehidupan
pendidikan kita menjadi lebih baik lagi. Pengajar dan siswa sebaiknya saling
bekerjasama guna meningkatkan proses pembelajaran dan pengajaran yang dapat
menjadikan kehidupan di sekitar dunia pendidikan di Indonesia menjadi lebih
maju lagi.
Terkait dengan hal penugasan dalam mata kuliah
Psikologi Belajar dengan mata kuliah lain dalam semester ini, saya merasa mata
kuliah Psikologi Belajar banyak memberikan hal-hal baru, pengalaman, dan
pembelajaran bagi saya. Pada semester ini saya mengambil mata kuliah lain yaitu
Psikodiagnostik 1, Perkembangan 1, Pum 2, dan Filsafat. Dalam mata kuliah lain
seperti Psikodiagnostik 1, Perkembangan 1, dan Pum 2 tugasnya seperti biasa
yaitu hanya presentasi saja, tetapi sekali-sekali dosen juga memberikan tugas
pada saat perkuliahan dan biasanya itu adalah tugas kelompok yang dikerjakan
hari itu juga dan harus selesai pada saat perkuliahan berakhir. Tugasnya pun
tidak sebanyak pada kelas besar karena saya banyak mengambil kelas simultan
pada semester ini. Sedangkan pada mata kuliah Filsafat, karena banyak senior
angkatan atas yang mengambil termasuk saya, Bapak Dosen hanya memberikan tugas
kelompok yang berkaitan dengan psikologi dan filsafat yang harus dikumpul pada
saat ujian tengah semester maupun akhir semester. Kami tidak wajib mengikuti
perkuliahannya setiap minggu, hanya diberikan tugas kelompok saja.
Pada mata
kuliah pilihan ini, yaitu Psikologi Belajar, boleh dibilang Bu Dina mengajarkan
kami dengan cara yang berbeda dan unik. Semua tugas berkaitan dengan e-learning
yaitu blog. Cara penyampaian materi pun berbeda dengan kebanyakan mata kuliah
lain. Kalau mata kuliah lain hanya presentasi dan tanya jawab, sedangkan di
Psikologi Belajar ini kita menjadi lebih paham dan kreatif, misalnya saja pada
saat Bu Dina memberikan tugas 3 stimulus yang saya ceritakan diatas, dan
ternyata proses kita membuat tiga benda kreatif itu merupakan pembelajaran dari
tokoh A. Lalu, ada tugas yang berkaitan dengan pengalaman individu yang
nantinya dikaitkan dengan teori dari tokoh B. Tugas yang disajikan dengan cara
bermain game dalam kelompok yang nantinya akan berkaitan dengan teori dari
tokoh C. Serta tugas observasi sekolah yang harus dikaitkan dengan teori dari
tokoh D. Semua hasil tugas nantinya akan diposting di dalam masing-masing blog
yang kita miliki. Hal ini cukup sangat unik bagi saya, karena saya mendapatkan
hal baru, wawasan baru, dan pengetahuan yang lebih banyak lagi seputar dari
pembelajaran e-learning ini. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar